Jadi Suporter Olahraga Bisa Tingkatkan Kesehatan dan Kebahagiaan (Part 1)

Menjadi suporter olahraga, terutama sepak bola, adalah hal yang lumrah bagi masyarakat Indonesia. Biasanya, banyak orang menggabungkan diri ke dalam sebuah komunitas suporter berdasarkan asal daerah. Saat ini, beragam komunitas suporter seperti The Jak dan Bobotoh mungkin saja memiliki jutaan anggota.

Salah satu supporter melukisi wajahnya dengan bendera Belanda. (REUTERS / Ivan Alvarado)
Salah satu supporter melukisi wajahnya dengan bendera Belanda.

Selain sebagai hobi, ternyata menjadi suporter tim olahraga dapat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan. Hal ini dikatakan oleh Daniel Wann dari Murray State University dalam bukunya berjudul Sport Fans: The Psychology And Social Impact Of Spectators.
Dalam buku tersebut seperti yang dilansir Huffingtonpost pada Minggu (1/2/2015), ada setidaknya 5 alasan mengapa menjadi suporter olahraga dapat tingkatkan kesehatan dan kebahagiaan. Berikut 5 hal tersebut:

1. Menjadi suporter tingkatkan rasa memiliki dalam komunitas

Relasi dan afiliasi dengan orang lain penting bagi kebahagiaan seseorang, hal ini sudah dibuktikan oleh banyak penelitian psikologi. Dalam hal ini, menjadi suporter dapat mendorong seseorang untuk memiliki rasa tersebut.

Contohnya, dengan mengenakan pakaian yang sama, syal syal yang sama, menyanyikan lagu yang sama, seseorang akan saling terhubung satu sama lain. Mereka akan berkomunikasi tentang tim kebanggaan meskipun tidak saling kenal.

2. Menjadi suporter usir kesepian

Menonton pertandingan tim kebanggaan di rumah, sendirian, tentu akan berbeda dibanding menonton di stadion bersama yang lain. Menurut Wann, menonton bersama dapat mengusir seseorang dari rasa kesepian dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesehatan mental.

Bahkan, hal ini berefek jangka panjang. Meskipun telah selesai pertandingan, seseorang tetap tidak merasakan kesepian karena tahu dirinya memiliki kesukaan yang sama dengan ribuan orang lain.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadi Suporter Olahraga Bisa Tingkatkan Kesehatan dan Kebahagiaan (Part 1)"

Posting Komentar